Uncategorized
Trending

Sumpah Pemuda

Perjuangan kemerdekaan dahulu sangat besar dan penuh pengorbanan untuk dapat memerdekakan Indonsia. Tentunya banyak beberapa pahlawan yang ikut serta dalam memperjuangkan bangsa ini, agar terciptanya persatuan dan kesatuan Indonesia. Begitu pula dengan adanya sumpah pemuda. Sumpah pemuda merupakan salah satu perjuangan pemuda pemudi Indonesia dalam gerakan kemerdekaan. Sumpah Pemuda  merupakan salah satu tonggak sejarah bangsa Indonesia dalam mengawali kesadaran kebangsaan.

Masyarakat Indonesia tidak akan lupa dengan peringatan hari Sumpah Pemuda yang di peringati setiap tanggal 28 Oktober. Dihari itulah begitu luar biasa perjuangan bangsa Indonesia dalam melawan penjajah. Dimana peristiwa Sumpah Pemuda itu diawali munculnya dorongan untuk bersatu dalam diri pemuda Indonesia.

Pada zaman duhulu Indonesia terpecah belah akibat perbedaan suku, agama, dan ras. Dengan keadaan itu pemuda menganggap bahwa keaadaan tersbuat membuat penjajah semakin mudah untuk mengadu domba atau yang dikenal dengan sebutan “ Devide at Impera”. Para pemuda pun akhirnya mulai menyadari keadaan saat itu dan dan berfikir lebih dalam, untuk membentuk perlawanan penjajah,  dari perlawanan fisik menjadi perlawanan politik. Maka pada waktu itu muncullah organisasi-organisasi kepemudaan daerah.

Adapun Sumpah Pemuda ini kita kenal dari Kongres Pemuda. Kongres Pemuda adalah sebuah kongres nasional yang digelar sebanyak dua kali di Jakarta. Tujuan kongres Pemuda pertama ini yaitu untuk mencari jalan membina perkumpulan pemuda yang tunggal, yaitu dengan membentuk sebuah badan sentral.

Dalam Kongres Pemuda pertama ini diakhiri tanpa hasil yang memuaskan bagi semua pihak, lantaran masih adanya perbedaan pandangan. Setelah itu dilaksanakan lagi Kongres Pemuda yang ke-dua selama dua hari pada tanggal 27-28 Oktober. Hari pertama Kongres dilaksanakan di Gedung Katholikee Jongelingen Bond atau Gedung Pemuda Katolik, sedangkan Kongres di hari kedua diadakan di Gedung Oost Java (sekarang di jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat).

Setelah dilaksanakan Kongres yang kedau dan dilaksanakan selama dua hari itu, kemudian diperolehlah kesepakatan merumuskan tiga janji yang disebut dengan “Sumpah Pemuda”. Adapun isi Sumpah Pemuda tersebut

Pertama

Kami putra putri Indonesia, mengaku bertumpah darah yang satu, tanah air Indonesia

Kedua

Kami putra putri Indonesia, mengaku berbangsa yang satu, bangsa Indonesia

Ketiga

Kami putra putri Indonesia, menjunjung bahasa persatua, bahasa Indonesia

Dari isi sumpah pemuda tersebut merupakan tonggak perjuangan bangsa Indonesia secara nasional untuk bersama-sama melawan penjajah. (sf)

Facebook Comments

Related Articles

Check Also
Close
Back to top button