BeritaHeadline

Kedua Kalinya, SD Annida Adakan Wisuda Secara Virtual

Di tengah situasi pandemi Covid-19 yang belum kunjung reda, SD Plus Tahfizhul Quran (PTQ) ANNIDA Salatiga melaksanakan wisuda virtual yang kedua kalinya untuk kelas VI pada tahun ajaran 2020/2021. Ini merupakan angkatan ke-3 yang lulus dari sekolah yang berdiri sejak tahun 2013 ini.

Kegiatan wisuda virtual ini dilaksanakan pada hari Sabtu (12/6). Secara offline yang dilaksanakan di aula sekolah yang dihadiri oleh pengurus yayasan, kepala sekolah, dewan guru, dan karyawan. Hadir pula ketua komite, Bapak Dwi Ana Syarifuddin.

Sedangkan wisudawan-wisudawati serta para orang tua hadir secara virtual melalui aplikasi Zoom Meeting dari rumah masing-masing.

Acara tersebut berlangsung khidmat dari awal sampai akhir. Ahmad Fikri Sabiq, Kepala SD Plus Tahfizhul Quran (PTQ) Annida, mengawali sambutan dengan membacakan SK kelulusan 41 siswa yang diwisuda. Selanjutnya, beliau mengucapkan selamat dan berpesan kepada para siswa, semoga hafalan Qur’an yang sudah dihafalkan, dijaga hafalannya dan dapat bermanfaat bagi Nusa bangsa dan agama.

Fikri menuturkan bahwa tantangan dan perubahan zaman berkembang dengan cepat.

“Saat kami para guru di kelas 1 SD baru diajarkan INI BUDI. Sekarang kelas 1 SD sudah diajari berpikir secara kritis. Dulu kami saat SD tidak faham teknologi. Sekarang anak usia 2 tahun sudah bisa bermain YouTube.” tutur Fikri.

Selanjutnya, dalam rangka menghadapi tantangan dan perubahan zaman ini, ada 4 hal yang dipesankan olehnya, yaitu keimanan dan ketakwaan yang kuat, jiwa yang senantiasa belajar terus menerus, peka dan respon terhadap perubahan, serta karakter, akhlak, etika, dan budi yang luhur.

Selanjutnya, acara dilanjutkan dengan prosesi wisuda yang dipandu oleh Anik Yulianti, S.Pd, guru di SD PTQ Annida. Dia membacakan satu persatu nama siswa sekaligus membacakan prestasi pencapaian hafalannya.

Saat anak-anak dipanggil dalam prosesi wisuda ini, orang tua di rumah menyematkan Samir kepada putra-putrinya dan dilanjut sungkeman dari anak kepada orang tua.

Setelah prosesi wisuda dilanjutkan dengan apresiasi siswa. Terdapat siswa berprestasi akademik 5 besar nilai akhir tertinggi, yaitu

1.Ayesha Atiqa Nareswari
2. Aisyah Fadhilah Ariani
3. Tsania Maidhatu Rachma
4. Aninditha Candraningtyas
5. Rahmawati Nafi Shilla

Kemudian terdapat siswa peraih pencapain hafalan 10 juz sebagai berikut.
1. Muhammad Fahim Ilham
2. Tsania Maidhatu Rachma
3. Aisya Chaura Chusnayya
4. Danindra Thoriq Yuda Natama
5. Fakhera Anas Fayazi
6. Nadya Mufidatul Kamila
7. Zam Zamil Ali Pasa’a
8. Aninditha Candraningtyas
9. Rahmawati Nafi Shilla

Setelah prosesi wisuda selesai, kemudian dilanjutkan sambutan dari perwakilan wali murid yang disampaikan oleh Bapak Ta’yinul Birri Bagus Nugroho, wali dari ananda Ayesha Atiqa Nareswari. Beliau menuturkan bahwa alhamdulillah sudah banyak siswa dari SD PTQ Annida yang melanjutkan pendidikannya ke pondok. Beliau berharap kepada para siswa semoga bisa menjadi pemimpin-pemimpin apa saja yang amanah, serta berguna bagi Nusa Bangsa dan Agama.

Acara dilanjutkan sambutan dan amanat dari Ketua Yayasan Annida Salatiga, Bapak Muhammad Syarifuddin, S.Pd.I. Beliau memaparkan bahwa lulusan Annida tahun ini banyak yang melanjutkan jenjang pendidikan berbasis pondok. Ucapan syukur Alhamdulillah dipanjatkan oleh wali murid, bapak/ibu guru dan warga sekolah atas terselesaikannya program belajar bagi anak-anak angkatan ketiga ini.

“Semoga mereka bisa meraih cita-citanya dan menjadi orang sukses di masa depan.” tutur Sarifudin.

Acara wisuda ini diakhiri dengan doa yang dipimpin oleh Bapak Nur Hadi, S.Pd.I, selaku pengurus yayasan.

(sf)

Facebook Comments

Related Articles

Back to top button