Berita

Santri Sehat Indonesia Kuat

Santri Sehat Indonesia Kuat, setiap tahun memperingati Hari santri Nasional jatuh pada  22 Oktober. Hari Santri di peringati sebagai wujud perjuangan para santri dalam kesatuan Indonesia. Setiap tahun, pondok pesantren meggelar upacara. Tak kecuali pondok  Annida. Hari ini,Kamis 22 Oktober 2020 gelar upacara bersama peringatan hari santri di halaman sekolah SD PTQ Annida. Upacara ini diikuti oleh Santriwan santriwati, pengurus yayasan, para guru dan karyawan.
Upacara ini berjalan dengan lancar dan khidmat dengan pembina  Imam Mas Arum, M.Pd selaku pengurus Yayasan. ada yang beda dalam upacara memperingati Hari Santri ini, dimana sebelum sesi pembina terdapat pembacaan ikrar santri oleh petugas upacara, sebagai berikut;

Bismillahhirrahmanirrahim, Asyhadu alla Ilaaha Illallah, Wasyhadu anna Muhammadar Rasulullah

Kami Santri Negara Kesatuan Republik Indonesia, berikrar :

  1. Sebagai Santri NKRI, berpegang teguh pada aqidah ajaran nilai dan tradisi Islam Ahlussunnah wal Jamaah.
  2. Sebagai Santri NKRI, bertanah air satu, tanah air Indonesia, beriideologi negara satu, ideologi Pancasila, berkonstitusi satu, UUD 1945, berkebudayaan satu, kebudayaan Bhinneka Tunggal Ika.
  3. Sebagai Santri NKRI, selalu bersedia dan siap siaga menyerahkan jiwa dan raga membela tanah air dan bangsa Indonesia, mempertahankan persatuan dan kesatuan nasional serta mewujudkan perdamaian abadi.
  4. Sebagai Santri NKRI, berperan aktif dalam pembangunan nasional, mewujudkan kesejahtraan lahir dan batin untuk seluruh rakyat Indonesia yang berkeadilan.
  5. Sebagai Santri NKRI, pantang menyerah, pantang putus asa serta siap berdiri di depan melawan pihak-pihak yang akan merongrong Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika, serta konstitusi dasar lainnya yang bertentengan dengan semangat proklamasi kemerdekaan dan resolusi jihad Nahdlatul Ulama.

Rangkain upacara selanjutnya yaitu sambutan oleh pembina. Beliau membacakan naskah sambutan Menteri Agama Fachrul Razi.


Sambutan itu berisikan mengenai tercetusnya tanggal 22 Oktober. ” selain penetapan hari santri, santri dan pesantren juga telah memiliki undang-undang nomor 18 tahun 2019 tentang pesantren. undang-undang ini memberikan Afirmasi, rekoginisi, dan fasilitas terhadap pesantren dalam melaksanakan fungsi pendidikan, fungsi dakwah, dan fungsi pemberdayaan masyarakat” salah satu isi sambutan yang dicetuskan oleh Menteri Agama.
Hari santri tahun ini bertemakan ” Santri Sehat Indonesia Kuat”. ” Tema ini adalah jawaban dari komitmen kita bersama dalam mendorong kemandirian dan kekhasan pesantren sehat, bisa melewati pandemi COVID-19 ini dengan baik, insyaallah negara kita juga akan sehat dan kuat” Fachrul Razi menjelaskan dalam sambutan tersebut.
selain itu pembina Imam Mas Arum, M.Pd menambahkan sambutannya mengenai 5 sehat yang harus dimiliki oleh santri. Pertama sehat hati, kedua sehat fikiran, ketiga sehat perkataan, keempat sehat tulisan dan kelima sehat perbuatan. semua itu dijelaskan oleh beliau dengan rinci agar menjadi teladan bagi lingkungan, khususnya pondok dan SD PTQ Annida.(SF)

Facebook Comments

Related Articles

Back to top button