BeritaHeadline

Tingkatkan SDM, Annida Launching Annidemia

Senandung do’a di pagi hari & hati yang selalu mencintai-Mu.

Setiap hari Senin, SD Plus Tahfizhul Quran (PTQ) Annida membiasakan melaksanakan kegiatan apel pagi. Apel ini diikuti oleh semua guru dan pegawai di lingkungan SD PTQ Annida sebagai sarana kordinasi awal pekan juga sebagai penambah semangat dalam menjalani tugas sehari-hari di sekolah.

Selain itu, apel pagi juga sebagai sarana mensyukuri karunia Allah Swt dengan bersama menghirup segarnya udara di pagi hari dan merasakan hangatnya sinar matahari. Hal ini diharap bisa menambah semangat untuk berkarya, khususnya menyiapkan pembelajaran jarak jauh atau daring.

Pada hari Senin (28/09), kegiatan apel diisi oleh Ahmad Fikri Sabiq, kepala sekolah. Dia menyampaikan berkenaan dengan target yang harus dikerjakan dan diselesaikan oleh guru-guru pada pekan ini.

Setelah apel pagi dilaksanakan, kepala sekolah bersama beberapa guru sejumlah 10 orang mengadakan diskusi tentang program pengembangan guru. Sejumlah 10 orang guru ini merupakan guru SD PTQ Annida yang sedang dan telah selesai melanjutkan program magister di beberapa kampus.

Dalam diskusi ini, didapatkan hasil kesepakatan bahwa akan membuat forum ilmiah sebagai sarana belajar dan menambah wawasan. Disepakati pula bahwa forum ini dinamakan Annidemia yang merupakan penggabungan dari kata Annida dan Academia.

Fikri mengatakan bahwa selain memperdalam keilmuan, forum ini juga sebagai sarana peningkatan kualitas guru SD PTQ Annida.

“Tantangan pendidikan ke depan lebih besar, maka kita harus mengupgrade kapasitas keilmuan kita yang tentunya akan berdampak kepada kualitas lembaga, yaitu Annida.” tutur Fikri.

Dia juga menambahkan bahwa forum ini akan menjadi tim riset dari SD PTQ Annida ataupun Yayasan Annida.

“Secara kelembagaan forum ini bisa di bawah bidang Litbang dan Pengembangan SDM di Yayasan Annida.” imbuh Fikri.

Di akhir sesi diskusi, selanjutnya dilakukan penandatanganan deklarasi yang dilakukan oleh 10 orang deklarator pendirian forum Annidemia ini.

Dalam pelaksanaannya, forum ini akan membedah karya ilmiah, menelaah & mempresentasikan jurnal, serta melakukan diskusi-diskusi yang bisa menambah wawasan, baik di bidang pendidikan, keguruan, pedagogik, serta bidang-bidang lainnya. Forum Annidemia ini akan dilaksanakan selama 2 pekan sekali.

Karena ini merupakan wadah pengembangan guru, maka yang terlibat di dalamnya adalah semua guru di SD PTQ Annida.

Taijul Mubin, guru SD PTQ Annida dan juga  selaku tim yang terlibat di dalamnya siap terlibat aktif dalam forum ini.

“Karena diskusi ini sangat dibutuhkan oleh seluruh Guru, khususnya yang studi lanjut. Jadi menurut saya sebagai guru kelas perlu adanya upgrade personal dari setiap guru”, tutur Mubin. (qi)

Facebook Comments

Related Articles

Back to top button