BeritaHeadline

SD PTQ Annida Adakan Wisuda Virtual di Tengah Pandemi

Dalam rangka pencegahan penyebaran Covid-19, SD Plus Tahfizhul Quran (PTQ) Annida Salatiga mengadakan wisuda secara virtual pada Ahad, 21 Juni 2020. Wisuda ini merupakan wisuda bagi angkatan ke-2 dari sekolah tersebut yang terdiri 15 wisudawan-wisudawati.

Ahmad Fikri Sabiq, S.Pd.I, kepala SD PTQ Annida, menuturkan bahwa kegiatan wisuda ini merupakan apresiasi bagi siswa-siswi yang telah menyelesaikan studi selama 6 tahun di sekolah tersebut. Dia juga menyebutkan bahwa wisuda ini dilaksanakan secara virtual untuk mencegah penyebaran Covid-19 di lingkungan satuan pendidikan sesuai imbauan dari pemerintah Kota Salatiga.

“Kreativitas tidak boleh hilang di tengah kondisi pandemi ini. Wisuda tetap kita laksanakan dengan tetap sesuai imbauan pemerintah, yaitu tidak menghadirkan siswa dan wali murid ke sekolah. Sehingga alternatifnya adalah visuda secara virtual dengan aplikasi Zoom” tutur Fikri.

Para wisudawan mengikuti kegiatan ini dengan khidmat dari rumah masing-masing dengan didampingi orang tua. Sesuai arahan dari sekolah, simbol prosesi wisuda adalah dengan pemberian plakat kelulusan dari orang tua ke anak secara bersama-sama sesuai nomor urut yang dipanggil oleh pihak sekolah. Sedangkan ceremoni wisuda dipandu dari aula SD PTQ Annida yang dihadiri oleh ketua yayasan, kepala sekolah, dan para guru.

“Wisuda ini akan menjadi sejarah dimana barangkali wisuda secara virtual ini tidak akan dirasakan oleh angkatan sebelumnya ataupun angkatan-angkatan setelahnya. Sehingga peserta wisuda angkatan kali ini akan menjadi saksi sejarah yang akan terus dikenang.” tutur Fikri.

Dari lima belas wisudawan-wisudawati ini, tercatat ada enam anak yang sudah berhasil menyelesaikan hafalan 10 juz, bahkan ada 1 anak yang sudah selesai 12 juz dan 1 anak lagi selesai 11 juz. Sedangkan lainnya ada yang selesai 8, 6, dan 4 juz.

Mereka yang selesai 8-10 juz adalah anak-anak yang belajar di sekolah tersebut dari kelas satu. Sedangkan yang mendapatkan kurang dari 8 juz mayoritas mereka adalah pindahan dari sekolah lain.

Sarifudin, ketua Yayasan Annida, mengucapkan selamat kepada para wisudawan-wisudawati. Pihaknya berharap para alumni bisa menjadi orang sukses di masa depan dengan tetap membawa nilai-nilai Al-Qur’an yang ada di hati mereka. “Apapun profesi kalian nanti, semoga Al-Qur’an tetap ada di hati kalian.” harapnya.

Sarifudin juga mengucapkan terima kasih kepada para wali murid khususnya angkatan kedua ini yang telah berjuang dan membersamai sejak awal-awal berdirinya sekolah ini.

“Angkatan ini bagi keberlangsungan lembaga memiliki peran luar biasa. Para orang tua berani bertaruh terkait pendidikan anak-anaknya saat sekolah baru berdiri 1 tahun. Kalau tidak ada angkatan kedua ini, pasti tidak ada angkatan-angkatan setelahnya.” tuturnya.

 

Facebook Comments

Related Articles

Check Also
Close
Back to top button