BeritaKegiatanPrestasi

Wisuda Pertama, SD Annida Raih Peringkat 9 UN Kota

SD Plus Tahfizhul Quran (PTQ) Annida mewisuda sejumlah 18 siswa-siswi yang telah selesai menyelesaikan studi di sekolah yang memiliki program unggulan menghafal Al Qur’an ini. Kegiatan wisuda dilaksanakan pada hari Minggu (23/6) di gedung KORPRI Salatiga. Siswa-siswi yang terdiri dari 9 putra dan 9 putri ini merupakan angkatan pertama yang bersama-sama merintis sekolah ini.

Ahmad Fikri Sabiq, Kepala SD PTQ Annida, menuturkan atas nama sekolah mengucapkan terimakasih setulus-tulusnya kepada wali murid angkatan pertama ini. Tidak lupa juga kami ucapkan terima kasih tak terhingga kepada semua pihak, baik pemerintah Kota Salatiga, walikota dan wakil walikota Salatiga , Kepala Dinas Pendidikan Kota Salatiga dan Kec. Argomulyo, serta pengawas yang telah memberikan support dan dukungannya.

“Bagi kami, angkatan pertama ini sangat spesial karena kita bersama-sama merintis berdirinya sekolah ini. Angkatan pertama ini adalah angkatan yang berani mengambil risiko, dimana saat itu, kami belum ada sekolah, belum memiliki ijin operasional, dan belum memiliki prestasi apapun.” tutur Fikri.

Dia juga menambahkan bahwa kalau tidak ada angkatan pertama ini, maka tidak akan ada angkatan kedua, ketiga, dan seterusnya yang sampai saat  ini, siswa-siswi SD Annida berjumlah sekitar 260an siswa dan ditambah calon siswa baru berjumlah 78 siswa.

Hafal 10 Juz dan Raih Peringkat ke-9 UN di Kota Salatiga

Ada satu capaian yang membanggakan dari siswa-siswi angkatan pertama ini. Dalam Ujian Nasional (UN) tahun 2019 ini, siswa-siswi SD PTQ Annida angkatan pertama ini berhasil  meraih peringkat ke-9 di Kota Salatiga. Sedangkan dalam tingkat Kecamatan, sekolah ini berhasil meraih peringkat ke-2 di Kecamatan Argomulyo.

Fikri menuturkan bahwa segenap keluarga besar Annida sangat bersyukur atas capaian yang diraih oleh siswa-siswi ini.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang mendukung dan mendoakan kami, khususnya kepada segenap guru yang telah membimbing dan orang tua yang senantiasa bekerjasama dalam proses pendidikan ini.” tutur Fikri.

Selain meraih prestasi sebagai Juara tingkat 3 tingkat Kota Salatiga dalam perlombaan Sekolah Berkarakter Kebangsaan dan kesuksesan di  Ujian Nasional, para lulusan sekolah ini juga telah berhasil menghafalkan Al Quran dengan berbagai macam capaian. Ada yang selesai 10 juz, 8 juz, 7 juz, dan minimal 3 juz. Perbedaan capaian ini dikarenakan berbagai kondisi, diantaranya tentang kemampuan siswa dan ada siswa yang bergabung di pertengahan jalan seperti pindah ke Annida di kelas 2, 4, dan bahkan ada yang baru masuk di kelas 5.

Momentum wisuda yang mengharukan

Memontum mengharukan terjadi saat para siswa-siswi kelas 6 dipanggil satu persatu naik ke atas panggung untuk diwisuda. Mereka dipanggil dan disebutkan profil singkat, capaian hafalan Al Quran yang diraih, prestasi selama di SD, serta sekolah yang akan dituju setelah lulus ini.

Mereka diwisuda secara resmi oleh Ahmad Fikri Sabiq, Kepala Sekolah dan Muhamad Sarifudin, Ketua Yayasan Annida Salatiga. Para wisudawan ini sudah terdaftar di sekolah-sekolah atau pesantren yang menunjang program hafalan Al Qur’an yang telah dicapainya, baik yang ada di dalam kota ataupun di luar Kota Salatiga.

Tangis hari pecah saat para wisudawan ini mempersembahkan lagu untuk orang tua dan guru. Tidak hanya para wisudawan,  orang tua dan guru, para tamu undangan pun turut menangis karena terharu.

Pesan Wakil Walikota

Dalam kegiatan wisuda dan pelepasan kelas 6 ini, hadir sebagai penceramah yaitu Muh Haris, SS. M.Si, Wakil Walikota Salatiga. Dalam ceramahnya, dia menyampaikan kaitan pentingnya 3 unsur pendidikan yang dibawakan oleh Ki Hajar Dewantara, yaitu keluarga, sekolah, dan masyarakat. Ketiga unsur ini harus didapatkan anak dengan baik karena akan berpengaruh terhadap pendidikannya.

Muh Haris juga memberikan apresiasi setinggi-tingginya terhadap apa yang diraih oleh siswa-siswi kelas 6 SD Annida ini. Dia berharap semoga Annida semakin jaya ke depannya dan bisa mendirikan pendidikan tingkat SMP agar siswa-siswi bisa melanjutkan program hafalan Al Qurannya di lembaga yang sama.

Selain Muh Haris, apresiasi juga disampaikan oleh Nuruddin, Kepala Kantor Kemenag Kota Salatiga yang dulunya juga merupakan alumni dari Pondok Pesantren Annida. Dia menuturkan bahwa hadirnya SD Plus Tahfizhul Quran (PTQ) Annida ini diharapkan bisa menjadikan Pondok Annida peninggalan dari KH Ali As’ad (almarhum) ini semakin jaya.

Purwanto, M.Pd, Kordinator Wilayah (Korwil) Bidang Pendidikan Kec. Argomulyo, dalam sambutan tertulisnya memberikan apresiasi kepada sekolah ini. Dia mengucapkan terimakasih kepada semua stake holder yang telah mendukung SD PTQ Annida ini yang dalam angkatan pertamanya berhasil meraih prestasi membanggakan ini.

“Kita doakan semoga anak-anak tercinta kita kelak menjadi anak-anak yang soleh-solehah, berbakti kepada orang tuanya, dan sukses dunia akhirat.” tuturnya.

Facebook Comments

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Check Also
Close
Back to top button