BeritaHeadlineKegiatan

Mabit Kelas 1 dan 2 untuk Latih Kemandirian

Satu dari lima program Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) yang ada dalam kecakapan abad 21 pada kurikulum 2013 adalah membangun kemandirian siswa. Untuk melaksanakan program ini, SD Plus Tahfizhul Quran (PTQ) ANNIDA mengadakan kegiatan Malam Bina Iman dan Taqwa (MABIT) untuk siswa-siswinya. 

 

Kegiatan Mabit merupakan kegiatan menginap di sekolah selama satu malam dimulai dari sore hari dan selesai pagi hari.

Kegiatan MABIT di semester ini terbagi ke dalam dua tahap, yaitu tahap pertama untuk siswa kelas 3-6 yang dilaksanakan pada hari Jumat-Sabtu (31/8-1/9). Sedangkan untuk tahap kedua dilaksanakan pada hari Jumat-Sabtu (7-8/9) untuk kelas 1 dan 2.

Ahmad Fikri Sabiq, S.PdI, kepala sekolah SD PTQ ANNIDA, menuturkan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk melatih kemandirian siswa. “Kami berharap dengan adanya MABIT ini anak-anak bisa menjadi pribadi yang mandiri, tanggungjawab, dan bisa memupuk rasa kebersamaan.” tutur Fikri.

Fikri juga menambahkan bahwa selain untuk melatih kemandirian, kegiatan Mabit juga bertujuan untuk memperlancar hafalan Al Quran yang sudah dihafal para siswa.

Kegiatan Mabit ini diisi dengan kegiatan-kegiatan yang menunjang program-program sekolah, seperti hafalan Al Quran, shalat tahajud, bermunajat di malam hari, dan shalat subuh berjamaah.

Selain kegiatan umum sebagaimana di atas, juga ada kegiatan khusus di setiap jenjang acara Mabit. Untuk kelas 3-6, kegiatan Mabit ada tambahan acara mendongeng inspirasi yang bertujuan untuk membangun karakter kedisiplinan anak, tanggungjawab, dan kepedulian.

 

Sedangkan untuk kelas 1 dan 2, kegiatan Mabit diisi dengan tutorial wudhu dan shalat dengan harapan agar anak bisa senantiasa memperbaiki kualitas ibadahnya.

Selain kegiatan rohani, Mabit juga diisi dengan kegiatan olahraga bersama. Selain untuk kebugaran fisik, olahraga bersama juga bertujuan untuk menjalin keakraban siswa antar kelas.

Fikri menambahkan bahwa selama satu tahun, siswa akan mengikuti kegiatan Mabit selama 2 kali, yaitu di pertengahan semester 1 dan 2.

Facebook Comments

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button